SCM PT. XYZ

Kamis, 10 Desember 2009


Penjelasan singkat SCM pada PT.XYZ,tbk

PT.XYZ,tbk memiliki beberapa supplier atau pemasok bahan baku, antara lain pemasok karet, pemasok karbon black, pemasok oli, pemasok bahan kimia, dll. Dimana para pemasok tersebut erat kaitannya dalam pembuatan atau proses pengolahan ban.

Masing-masing dari bahan baku tersebut memiliki fungsi tertentu :

  1. Karet sebagai bahan dasar dari pembuatan ban.
  2. Karbon black sebagai penguat ban.
  3. Oli digunakan agar ban tersebut lentur.
  4. Bahan-bahan kimia digunakan agar ban tersebut bisa tahan terhadap cuaca.

Semua bahan baku tersebut dicampur (digiling) di mesin banbury (pabrik bahan baku). Kemudian masuk ke dalam proses produksi, proses produksi terdiri dari :

  1. Proses Beatgrumet adalah proses pembuatan kawat ban. Hasil dari proses ini disebut Beadring.
  2. Proses Topping Calender adalah proses melapisi benang ban dengan karet. Hasilnya disebut Treatment. Pada proses ini terdapat Proses Bias Cutting, yaitu proses pemotongan karet. Hasilnya disebut Play.
  3. Proses Extruduring adalah proses pembuatan telapak ban atau motif ban.

Kemudian ketiga proses itu digabung dan disebut dengan Proses Building. Hasilnya disebut Green Tire. Green Tire (bahan yang masih mentah) dimatangkan melalui Proses Curing. Hasilnya adalah Tire (ban). Kemudian masuk ke dalam Proses Cecking atau Final Inspection, dimana proses ini adalah proses untuk memisahkan ban menurut grade atau mutu kelasnya. Kemudian jika sudah selesai, ban tersebut dikirim ke gudang barang jadi lalu ke distributor (agen besar bisa berupa agen yang berada di luar negeri atau agen kecil seperti sowroom/bengkel). Kemudian dipasarkan ke konsumen akhir.

Sumber : SCM ini didapat berdasarkan keterangan dari orang tua saya

KELOMPOK:

DWI RESTI W.
SARASWATI AR
VENSKA S.

0 komentar: